Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Riuhnya Gebyar Kegiatan Uri Uri Budaya Warga Ngesong yang Dihadiri oleh Walikota Surabaya

| Agustus 13, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-08-13T18:21:32Z


Liputanphatas.com || Surabaya - Melestarikan Budaya Leluhur masih di lestarikan serta di pertahankan hingga kini oleh warga Ngesong Kelurahan Dukuh Kupang Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya. Acara tersebut di gelar Minggu pagi 13/8/2023 tepatnya di lokasi kepunden daerah tersebut yang langsung diliput oleh Jurnalis Media Lintas Gondrong Juantino beserta rekan rekan Media yang lain.

Kegiatan ini di selenggarakan setiap tahun, setahun yang lalu acara tersebut juga diselenggarakan dan kebetulan jurnalis Media Bhayangkara News Jack'bhayangs juga meliput kegiatan acara tersebut . Dan kali ini tahun 2023 acara sedekah bumi atau Bersih Desa Ngesong Kel Dukuh Kupang diselenggarakan lagi di wilayah dan lokasi yang sama di daerah Dukuh kupang Kecamatan Dukuh Pakis akhirnya dapat terlaksana kembali.

Kegiatan rutin ‘Uri uri Budaya “Tegal deso istilah warga menyebutnya sebagai sedekah bumi dibuka dan di hadiri oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Ada 2 hal yang paling utama dalam kegiatan ini yakni bersih Desa dan bentuk rasa syukur atas anugrah yg sdh diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa yang merupakan wujud kegotong royongan seluruh warga Rukun Warga RW.06.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pengajian, karnaval budaya, dan ditutup dengan pertunjukan wayang kulit bersama dalang Kondang.

Sambutan acara oleh walikota cak Eri, hadir pula jajarannya berikut Camat Dukuh Pakis Annita Hapsari ,Lurah Fahmi. 

"Kami berharap warga Desa Ngesong Kelurahan Dukuh Kupang Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya bisa makin makmur, selalu sejahtera dan guyub rukun, dan menjaga kearifan lokal ini tujuannya untuk memanjatkan doa agar kehidupan warga masyarakat Kecamatan Dukuh Pakis menjadi tenteram, guyub rukun, dan terhindar dari segala masalah dan Bahaya atau balak, "ujar ketua RW.06 Iswiyanto dalam wawancara bersama awak media yang meliput.

Lebih lanjut Camat Dukuh Pakis Anita Hapsari memaparkan bahwa, “Desa Ngesong adalah kampung lama yang penduduk nya sekarang dikeliling warga perumahan elit, namun mereka juga turut berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya agar terselenggaranya acara Sedekah Bumi ini. ” Ungkap sang Camat kepada media juga hal yang sama disampaikan oleh ketua RW.6 Iswiyanto. (Tik)
×
Berita Terbaru Update