Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penutupan Program KKN Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya di Wilayah PCM Krembangan

| Agustus 25, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-08-25T08:59:28Z




Liputanphatas.com|| Surabaya, -Selama kurang lebih sebulan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya  telah melakukan pengabdian, pembelajaran di wilayah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan. 

Beragam momen selama Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa. Salah satunya adalah acara perpisahan 22 mahasiswa KKN UM Surabaya Pengembangan Cabang dan Ranting (PCR) Krembangan kepada warga dilingkungan sekitar PCM Krembangan, Rabu (24/8/2022).

Kegiatan tersebut digelar di halaman SMP Muhammadiyah 11 Surabaya dihadiri Ketua PCM, Wakil Ketua PCA, Ketua Majelis Pelayanan Sosial, Ketua Majelis Dikdasmen, Kepala SD dan SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Ketua Tapak Suci, Ketua PC IPM, perwakilan AUM maupun Ortom wilayah Krembangan Surabaya.

Salah satu mahasiswa KKN UM Surabaya PCR Krembangan, Endiyah Mathofany menjelaskan, beberapa program kegiatan yang sudah dilakukan oleh Tim KKN PCR Krembangan adalah :

1. Kunjungan Kampung 1001 Malam, dengan kegiatan memperingati 1 Muharam dengan diadakannya lomba mewarnai dan lomba Adzan.

2. Kunjungan SD Muhammadiyah 11 Surabaya dengan kegiatan pengukuran TB dan BB untuk seluruh siswa kelas 1-6 serta penerapan dan sosialisasi PHBS.

3. Mengikuti kegiatan pengajian di Kampung 1001 Malam.

4. Kunjungan ke binaan Rumah Pintar Matahari selter Kemayoran dengan kegiatan mengaji seru dan belajar praktek sholat.

5. Kunjungan Klinik Pratama Ranap Bersalin (KP RB) Al-Azhar Dupak Bandarejo Surabaya dengan kegiatan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, serta pemerikasaan gula darah pada lansia.

6. Kunjungan Panti Asuhan Muhammadiyah KH Achmad Dahlan kegiatan sosialisasi PHBS serta kegiatan sikat gigi bersama.

7. Mengikuti kajian bersama PCM Krembangan di Masjid Ukhuwah.

8. Penyuluhan pada ibu hamil agar selalu memberikan Asi Eksklusif selama 6 bulan sampai 2 tahun dan pemeriksaan gula darah pada ibu hamil.

9. Kunjungan ke Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah kegiatan sosialisasi PHBS serta praktek sikat gigi bersama dan mendongeng "Mata Panda".

10. Kunjungan Tapak Suci dengan kegiatan sosialisasi pembuatan maket gedung dan rumah.

11. UMKM  dengan kegiatan sosialisasi digital marketing dan sertifikasi halal, serta proses pembuatan NIB.

12. Mengikuti pelatihan perawatan jenazah oleh ustadz Akhwan Hamid di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.

Ditempat yang sama, Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Irwan Syahrir, S.Si., M.Si memaparkan, selama 30 hari mahasiswa UM Surabaya PCR Krembangan telah melaksanakan KKN di wilayah PCM Krembangan. Banyak program yang sudah diadakan diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, juga pembinaan anak jalanan binaan Rumah Pintar Matahari.

"Dengan kegiatan selama KKN di PCM Krembangan, mahasiswa akan mempunyai pengalaman, bagaimana bisa belajar kepada PCM Krembangan terkait dengan kegiatan-kegiatan baik dibidang pendidikan, kesehatan, maupun dakwah pendekatan kultural yang dikenal dengan dakwah Komunitas, khususnya yang sudah dilakukan oleh Rumah Pintar Matahari di kampung 1001 malam", terang Irwan Syahrir.

Masih dengan Irwan Syahrir, PCM Krembangan dikenal mempunyai banyak Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dengan segala kegiatannya, bagaimana mahasiswa yang telah belajar di PCM Krembangan, juga dapat dan mampu melaksanakan pendekatan dakwah secara kultural semisal di kampung 1001 malam terkenal dengan masyarakat marginal.

"Diakhir rangkaian kegiatan, mahasiswa juga diberikan pelatihan perawatan jenazah oleh PCM Krembangan, dimana program tersebut jarang sekali diadakan, oleh sebab itu diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan perawatan jenazah dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa yang barangkali belum pernah mereka dapatkan sebelumnya", tambah Irwan Syahrir.

Irwan Syahrir berharap, mahasiswa KKN UM Surabaya PCR Krembangan setelah mengikuti rangkaian kegiatan selama satu bulan akan memiliki pengalaman yang sangat berharga, dapat belajar bagaimana mengabdi kepada masyarakat, mengetahui bagaimana Muhammadiyah Krembangan berdakwah di masyarakat sehingga nantinya mahasiswa memiliki karakter Muhammadiyah dalam melakukan perannya sebagai bagian dari masyarakat.

Sementara itu, Ketua PCM Krembangan Surabaya, Sutikno, S.Sos. sangat mengapresiasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya yang telah melaksanakan KKN di wilayah PCM Krembangan.

"Waktu satu bulan KKN di wilayah PCM Krembangan sebetulnya merupakan waktu yang singkat, kedepannya barangkali bisa ditambahkan lagi mengingat banyak mahasiswa yang sudah bekerja", papar Sutikno.

Sutikno berharap, program kegiatan yang telah dilaksanakan di wilayah PCM Krembangan dapat  juga dilakukan ditempat tinggal masing-masing serta senantiasa menjadi manfaat dimanapun berada. 

Beragam kegiatan mewarnai penutupan KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya PCR Krembangan pada hari Rabu malam, mulai dari sambutan DPL KKN PCR Krembangan, sambutan ketua PCM Krembangan, kesan dan pesan Ketua Majelis Dikdasmen PCM Krembangan, kesan dan pesan perwakilan mahasiswa KKN, penyerahan kenang-kenangan (plakat) dari mahasiswa UM Surabaya kepada ketua PCM Krembangan, doa penutup, serta ramah tamah.(Rik)
×
Berita Terbaru Update