Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dalam Rangka Memperingati Hari Keluarga Nasional ke-29, DPPPA dan Keluarga Berencana P2KB mengajak Masyarakat Pamekasan,

| Juni 29, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-06-29T18:27:10Z


Liputanphatas.com || Pamekasan - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengajak kepada masyarakat Pamekasan, Madura, Jawa Timur untuk selalu memperkuat ketahanan Nasional,"Rabu (29/6/2022).

Momen Hari Keluarga Nasional ( Harganas ) ke-29 yang selalu dilaksanakan pada 29 Juni 2022 dan pada momen tersebut berlangsung di halaman Kantor DP3P2KB dengan berbagai rangkaian yang digelar.

Peringati Harganas ke XXIX tahun 2022 kali ini bertajuk " Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting "

Kepala DP3AP2KB Pamekasan Dra Yudistinah, MM saat ditemui di ruang kerjanya, megatakan" Harganas ini merupakan perwujudan yang artinya pentingnya keluarga terhadap upaya untuk memperkuat ketahanan Nasional".

" Dan Keluarga adalah institusi terkecil dalam masyarakat, artinya Keluarga menjadi pondasi penting dalam pembangunan karakter bangsa, bahkan keluarga itu merupakan tonggak pertama, dalam menurunkan Stunting," kata Kepala DP3Ap2KB, Yudistinah.

Selanjutnya, kata Yudistinah, bahwa stunting di Indonesia stunting telah mencapai 24, 04 persen dan ini sangat diharapkan di wilayah Kabupaten Pamekasan mengalami penurunan stunting dan bisa signifikan.

Dengan melalui program tim pendamping keluarga, dimana tahun 2022 kader pendamping keluarga sebanyak 1965 yang terdiri Bidan Desa, PKK Desa dan kader KB, terang Ibu Yudis sapaan akrabnya.

Ada Tiga komponen yang bisa berkolaborasi dengan melakukan kunjungan secara door to door, dengan dasar dari data yang ada seperti halnya dengan
Catin, stunting atau Baduta, Ibu Hamil, dan melahirkan, dalam rangka mencegah stunting agar tidak berkembang, hal itu di karena di Kabupaten Pamekasan stunting masih dalam kisaran 38 persen," Kata Kepala DP3AP2KB.

Dengan program pemerintah yang terkait batasan pernikahan yang sudah termaktub dalam Undang Undang Nomer 19, setiap Calon Pengantin (Catin) harus di atas 19 tahun.

Di Momen Harganas, Kabupaten Pamekasan telah mendukung pelaksanaan 1 juta Akseptor, dan Kabupaten Pamekasan sudah masuk dalam rangking 4 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Artinya, dalam pencapaian rangking 4 ini pihak kami akan tindak lanjuti di setiap Kecamatan untuk pencapaian Akseptor," jelasnya.

Dengan ini pihaknya berharap kepada masyarakat supaya memahami dengan kegiatan ini, sebab keluarga bahagia, sejahtera, itu berawal dari keluarga. "Dari keluarga bahagia akan terciptakan anak anak kita yang sejahtera, Sholeh dan Sholeha dan dari keluarga ini lah bisa menentukan 2045 Indonesia dapat menciptakan anak anak emas," pungkasnya

Dipuncak peringatan Harganas ke 29, DP3P2AKB menyerahkan

1.Santunan Pendidikan untuk 5 orang putra /putri honorer DP3AP2KB Kabupaten Pamekasan

2. Menyerahkan piagam dan hadiah antara lain,
Piagam penghargaan kepada koordinator dalam rangka kegiatan sejuta akseptor ,
Piagam penyetor laporan rutin bulanan Bangga Kencana tercepat dan terlengkap tahun 2021 yang diberikan (Kecamatan Kadur),
Piagam Tim Penyusun buku Hasil PK21 Kabupaten Pamekasan kepada pendamping PKB wilayah Proppo, PKB wilayah Pegantenan, PKB wilayah Pegantenan, PKB Palengaan

3.Penyerahan dukungan alat tulis kantor (ATK) Kegiatan verifikasi dan validasi keluarga beresiko stunting untuk 13 Kecamatan di Kabupaten Pamekasan

4. Penyerahan piagam dan hadiah lomba tumpeng Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) ( TK).
×
Berita Terbaru Update