Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diduga Samsat Krian Persulit Pengurusan STNK, Namun Permudah Bagi Jasa Calo

| September 29, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-10-06T05:39:16Z


Liputanphatas.com || Sidoarjo - Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sidoarjo - Krian, Wilayah Hukum Polres Sidoarjo, yang terletak di Jalan Raya Kemasan 17, Kec.Krian, Kab.Sidoarjo, belum sepenuhnya bersih dari calo. Diduga praktek pungutan liar masih terjadi, pada hari Jumat 29/09/2023.

Para calo ini menyasar orang-orang yang terlihat putus asa saat mengurus pembayaran pajak atau cek fisik kendaraan. Tak tanggung-tanggung, calo tersebut mematok harga sekisar Rp.1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) untuk jasa pengurusan kekurangan berkas (cek fisik, acc BPKB, dan Acc KTP)

Hal tersebut diketahui langsung oleh Media Liputanphatas.com saat diluar gerbang depan persis Kantor Bersama Samsat Sidoarjo - Krian. Ketika itu, rekannya dari Media Informasiphatas.tv berinisial AS mengurus Penul 5 Tahun. 

Berawal dari AS mengurus pajak 5 tahunan (Penul) yang merasa dirinya diduga di pimpong oleh petugas Samsat, walaupun sudah menunjukkan identitas (Pers Card) Wartawan dari Media Informasiphatas.tv didalam berkas tersebut.

"Awalnya saya menuju ke loket Formulir, kemudian oleh petugasnya diarahkan ke Cek Fisik, lalu diarahkan lagi ke loket Pendaftaran, diarahkan kembali ke loket formulir," ujarnya AS kepada Media Liputanphatas.com

Tak berhenti disitu, kemudian AS menanyakan kembali ke loket Formulir namun diarahkan ke bagian loket 1. Ketika menemui petugas di loket 1, AS disuruh menghubungi Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (Kanit Regident).

"Silahkan konfirmasi dulu dengan Kanit Regident mas," ucapnya petugas loket 1

AS memutuskan untuk bisa menemui PAUR guna meminta kebijakan dalam pengurusan Penul 5 Tahun ini tidak dipersulit, namun setelah ditanyakan ke bagian Mutasi Masuk, PAUR tidak ada ditempat.

"Orangnya (PAUR) belum datang mas, silahkan konfirmasi dulu dengan Kanit Regident mas, kita tidak berani meng ACC tanpa izin dari Kanit mas," kata petugas bagian Mutasi Masuk.

Ketika AS keluar, tepat didepan gerbang pintu masuk Kantor Samsat Sidoarjo - Krian, AS di tawari oleh diduga Calo (Jasa Pengurusan). Setelah dipertanyakan kepada Calo tersebut, ternyata lebih mudah dan cepat bahkan bisa ditunggu.

"Kurang apa mas, sini mas," ucap Calo tersebut.

Ditanyakan terkait biaya pengurusan Penul 5 Tahun, total biaya tersebut sangatlah fantastis. Calo menjelaskan, bahwa dalam pengurusan bisa ditunggu tidak sampai sehari, walaupun ada kekurangan berkas.

"Kene tak itungno mas, ketimbang sampean bolak balik, langsung gak sampek sedino dadi, (sini saya hitungkan mas, daripada anda bolak balik, langsung tidak sampai sehari jadi)," jelas Calo tersebut.

Bahkan telah terbukti, bahwa Calo tersebut juga menjual Kertas Cek Fisik (Gesek) untuk nomor rangka dan nomor mesin yang dijual dengan harga Rp.15.000,- (Lima Belas Ribu).

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Samsat Sidoarjo - Krian terutama PAUR belum bisa ditemui sehingga tidak bisa dimintai keterangan lebih lanjut. (War)
×
Berita Terbaru Update