Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Alhamdulillah...Acara Lamaran Yusuf Efendi Kepada Siti Fatima Berjalan dengan Lancar

| Maret 06, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-03-07T01:26:42Z


Liputanphatas.com || Surabaya - Pertunangan menjadi salah satu tahapan yang dilakukan oleh seseorang yang hendak melangsungkan pernikahan. Pertunangan biasanya dilakukan oleh keluarga pihak laki-laki untuk membuktikan keseriusannya dalam menjalin hubungan. Ada banyak adat pertunangan yang berlangsung di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Pulau Madura.

Di Pulau Madura, pria yang akan melamar perempuan diminta untuk memberi angin atau memberi kabar. Dalam Bahasa Madura, proses ini disebut Ngin-angin (Memberi angin atau memberi kabar). Tahapan ini memberikan sinyal kabar sejauh mana pihak pria akan diterima oleh pihak perempuan.

Dalam pertemuan ini juga dibahas sejumlah pertimbangan yang disampaikan pihak perempuan. Keluarga pria dalam acara ini biasanya membawa makanan khas yang menyimbolkan keseriusan pihak pria, seperti: pisang, kopi, dan gula.

Jika pada tahap ngin-angin keluarga pria mendapatkan kabar baik maka akan berlanjut pada proses lamaran. Lamaran diawali oleh pihak pria mengunjungi rumah perempuan dengan membawa sejumlah bawaan seperti aneka macam kue, pakaian, kosmetik, dan beberapa peralatan yang digunakan oleh perempuan.


Setelah proses lamaran pria dilakukan, akan ada jeda satu minggu untuk pihak perempuan berkunjung ke rumah pihak pria. Orang Madura menyebutnya “balessan” atau balasan. Arti dari balasan ini sendiri adalah bentuk pihak keluarga perempuan membalas lamaran. Keluarga perempuan juga membawa bawaan yang sama hanya saja menyesuaikan dengan apa yang digunakan oleh pihak pria.

Kemudian setelah semua proses dilalui, biasanya pernikahan akan digelar tak lama setelah proses pertunangan tersebut.

Seperti hari ini Senin 6 Maret 2023 yang dilakukan pasangan berbahagia kini yang tengah dirasakan oleh Siti Fatimah dengan Yusuf Efendi, maka dari itu acara lamaran tersebut juga dihadiri Ketua RT 5 / RW 5 Agus Harso Sumaidi, bersama istrinya Nur dan seluruh keluarga dekat Calon pengantin.

Tampak Calon pengantin perempuan Siti Fatimah memperlihatkan cicin yang sudah melingkar di jari manis yang di berikan oleh calon pasangan pengantin pria Yusuf Efendi, putra pasangan suami istri Sabairi dan Nasipah asli kelahiran Madura Sampang Jawa Timur.

Dalam acara lamaran hari ini berjalan dengan keadaan lancar, aman dan terkendali. (Red).
×
Berita Terbaru Update