Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenalkan Budaya Jepang, SD Muhammadiyah 20 Surabaya Gelar Creative 20 Japanese Culture Festival

| Desember 14, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-12-15T01:39:46Z



Liputanphatas.com || Surabaya, - Guna memperkuat karakter anak- anak sesuai Visi Pendidikan Nasional melalui Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dimana salah satunya berkebhinekaan global dengan menanamkan rasa saling menghormati adanya keberagaman atau toleransi terhadap perbedaan, Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya menggelar Creative 20 Japanese Culture Festival, Rabu (14/12/2022).

Kepala SD Muhammadiyah 20, Muhammad Ain, M.Pd.I. menjelaskan, kegiatan Creative 20 Japanese Culture Festival dilaksanakan dengan tujuan memperkuat karakter para siswa sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka dimana sejak dini ditanamkan kesiapan supaya tidak gugup dan gagap menghadapi dinamika dunia bahkan bisa bersinergi serta berperan aktif dalam menghadirkan dunia yang lebih baik.

"Anak-anak dilatih tidak hanya mengenal budaya dan bahasa Jepang saja, namun bisa mengambil inspirasi positif dari karakter warga Jepang terutama dalam hal kedisiplinan, semangat belajar, dan kesadaran yang sangat tinggi terhadap kebersihan lingkungan", terang Ain.

Lanjut Wakil Ketua Bidang Tabligh dan MPS PCM Asemrowo tersebut, karena kebetulan di SD Muhammadiyah 20 Surabaya ada pelajaran Bahasa Jepang, kegiatan tersebut sekaligus memperkuat karakter Pelajar Pancasila yang salah satunya berkerbhinekaan global diikuti sekitar dua ratusan siswa kelas empat hingga kelas enam.

"Bersama warga negara Jepang yang kita kita undang antara lain, Kiba Naoko, Itai Kyuko, serta Terada Kousuke, para siswa SD Muhammadiyah 20 Surabaya bersama-sama belajar budaya Jepang yaitu menyanyi lagu Jepang, budaya disiplin Jepang, baju adat Jepang yang dipakai para siswa, tari Jepang, festival makanan Jepang, serta tata cara makan ala Jepang", imbuhnya.

Ustadz Ain berharap, para siswa pemikirannya bisa terbuka terkait dunia luar bahwa mereka disiapkan untuk menjadi warga dunia yang harus berperan aktif guna menghadirkan dunia yang lebih baik, dimana anak-anak dapat siap bersinergi membangun kemitraan dengan bangsa manapun dengan perbedaan bahasa dan budaya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas IV Prambanan, Syahira Maury Husna sangat senang sekali mengikuti kegiatan tersebut.

"Dengan kegiatan Creative 20 Japanese Culture Festival kami bisa memahami dan mengetahui tentang budaya Jepang baik dari berpakaian, makanannya, dan lain sebagainya," imbuhnya.(dw)


×
Berita Terbaru Update