Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tiga Pilar Terus Laksanakan Vaksinasi Hewan Ternak di Desa Samaran Tambelangan Kabupaten Sampang

| Agustus 12, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-08-12T12:54:06Z



Liputanphatas.com || Sampang – Tiga pilar pencegahan penyebaran wabah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kecamatan Tambelangan terus bersinergi membantu peternak maupun pemilik hewan ternak mengatasi PMK.

Sinergitas itu diwujudkan dengan melakukan vaksinasi PMK dan peninjauan ternak sapi oleh personil Polsek dan Koramil Tambelangan dan dokter hewan dari DInas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang, Jumat. (12/08/2022) pukul 09.00 Wib.

Kanit Binmas Polres Sampang Aipda Saiful Arif bersama Serma Imam Malik mendampingi drh. Ardhi Hanggara, drh. S. Dyah Pratiwi dan Mantri Hewan Sayadi mendatangi satu persatu rumah masyarakat di Desa Samaran Tambelangan untuk melakukan pemeriksaan fisik hewan, penyutikan vaksin dan pemberian vitamin untuk hewan ternak sapi.

Selain memberikan pengamanan kepada tenaga kesehatan hewan ternak, anggota TNI-POLRI juga memberikan edukasi kepada para pemilik hewan ternak untuk tidak panik karena PMK tidak menular ke manusia dan penyakit mulut dan kuku hanya menular kepada hewan yang berkuku belah (Sapi, Kambing, Domba, Kuda dan lain-lain.

Tim 3 Pilar pencegahan PMK juga menjelaskan ciri ciri kondisi hewan yang terdampak PMK diantaranya demam tinggi, melepuh dimulut serta keluar lendir, bahkan kuku sampai lepas, sehingga kondisi hewan semakin menurun serta menyebabkan kelumpuhan, dan kesakitan yang cukup besar, namun tingkat kematian rendah, dan virus tersebut gampang menular, sehingga berdampak kerugian ekonomi yang sangat besar kepada seluruh pedagang pasar. (Red).


Editor/Publisher: Bairi.

×
Berita Terbaru Update