Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Disperta KP Melakukan Vaksinasi Hewan Ternak di Sampang

| Juni 25, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-06-25T13:37:36Z


Liputanphatas.com || Sampang - Pemkab Sampang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) melakukan " Vaksinasi Perdana" di Desa Ragung Kecamatan Pangarengan pada sabtu 25/06/2022.

Vaksinasi guna menjaga imunitas pada hewan ternak dari serangan wabah Penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Kecamatan Pangarengan tersebut,  Disperta KP menyiapkan dosis untuk 100 ekor hewan Sapi.

Di katakan, Ir. Suyono Kepala Disperta KP mengatakan, Vaksinasi perdana ini di tempatkan di Pangarengan yang rencananya ada 100 ekor hewan sapi yang akan di vaksin, di dalam 1 botol itu kapasitas nya untuk 100 ekor hewan sapi dan dosis itu harus habis untuk hari ini juga.

Selain itu, secara keseluruhan pihak Pemkab Sampang hanya menyediakan 2000 dosis saja, sedangkan untuk hewan ternak sapi yang ada di wilayah Kabupaten Sampang kurang lebih sebanyak 27.000 ekor sapi, tambahnya.

"2000 dosis ini akan kami sebar di 14 Kecamatan dengan melibatkan tenaga vaksinator sebanyak 50 orang. Hewan ternak sapi, menurutnya sebelum di vaksin, pihaknya melakukan pendataan dan memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada masyarakat," ujar Suyono.

Adapun sasaran pada vaksinasi tersebut hanya khusus untuk hewan ternak sapi dan hewan yang sehat juga diberikan vaksinasi dan vaksinasi ini guna memperkuat imun tubuh hewan ternak lebih kebal dari serangan PMK, ucapnya.

Prioritas pada vaksinasi  bagi sapi yang belum terjangkit PMK, dan apabila yang pernah terjangkit juga  akan di vaksin, yang hitungannya harus lebih dari 60 hari sejak sembuhnya dulu, karena kalau kurang dari itu secara medis sapi tersebut imunnya sudah kuat, jadi kurang efektif meskipun mau di vaksin," terangnya.

Jumlah dari dosis 2000 ekor pertama ini, Disperta KP dalam satu Minggu  di targetkan sudah selesai.

Adanya Vaksinasi pertama ini pada hewan ternak sapi, dilakukan secara bertahap, untuk pelaksanaan Vaksinasi pertama pada hari ini kita lakukan di wilayah Kecamatan Pengarengan kemudian di lanjutkan di Kecamatan Omben, yang masing masing nya minimalnya harus 100 ekor hewan  Sapi.

"Sebab pada Vaksin PMK ini sekali dibuka harus habis dengan jumlah 100 ekor Sapi per botol," tegasnya. (ATK).
×
Berita Terbaru Update