Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H: Keluarga Besar Moms Ocha Berbagi Zakat Mall Kepada Kaum Dhuafa

| April 08, 2024 | 0 Views Last Updated 2024-04-08T14:56:29Z


Liputanphatas.com || Surabaya - Zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang memiliki harta melebihi nisab (batas minimal) dan telah mencapai haul (masa kepemilikan) selama satu tahun hijriyah. Zakat mal berlaku untuk harta-harta seperti emas, perak, uang, ternak, hasil pertanian, perdagangan, profesi, pertambangan, dan lain-lainnya.

Kali Ini yang di lakukan keluarga besar Verna Yuliastuti ini patut jadi contoh pada kalangan orang-orang yang mendapatkan rezki lebih dari Allah setiap Tahun.

Sedangkan Verna, yang berprofesi sebagai aktifis Ormas Aliansi Madura Indonesia (AMI) dan juga menjabat sebagai bendahara dari Fast Respon Counter Polri Jatim ini, melakukan berbagi zakat mall untuk di bagikan kepada kaum Dhuafa.

"Alhamdulillah osudah 5 Tahun ini berturut-turut kami bisa mengeluarkan zakat mall untuk harta benda yang kami miliki sekeluarga, itu semua berkat SWT, yang selalu melimpahkan rezki pada keluarga kami,"sebut saja Verna atau yang lebih di kenal sebutan Moms. Ocha ini  sekaligus anggota Mt.com, Senin (8/4/2024) malam hari.

Masih kata Verna, zakat merupakan harta tertentu yang dikeluarkan apabila telah tercapai syarat yang diatur sesuai aturan agama, zakat hanya bisa dikeluarkan kepada 8 Aznaf penerima zakat. Menurut bahasa, zakat berarti tumbuh, berkembang, subur atau bertambah.

"Makna tumbuh, berkembang, subur atau bertambah menunjukan bahwa mengeluarkan zakat sebagai sebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta, pelaksanaan zakat itu mengakibatkan pahala menjadi banyak," jelasnya.

Lanjut, zakat juga berasal dari kata "Zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat karena, karena didalamnya terkandung harapan untuk memperoleh keberkahan, membeersihkan jiwa, dan memupuknya dengan berbagai kebaikan .

Verna menyampaikan, makna suci disini menunjukan bahwa zakat merupakan cara untuk mensucikan jiwa dari kejelekan, kebatilan, dan pensuci dari dosa-dosa. Dalam Al-Qur'an disebutkan, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka”.

"Semoga apa yang kita lakukan kebaikan di bulan suci Ramadhan ini berkah dunia akhirat . Amin ya Robbal Alamin," pungkas Verna juga selaku korwil Jatim sekaligus Ketua DPW Frn Counter Polri.

(Red)
×
Berita Terbaru Update