Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Sampang Pimpin Upacara

| Oktober 01, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-10-01T13:16:19Z



Liputanphatas.com || Sampang – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 yang diperingati 1 Oktober, Polres Sampang menggelar upacara yang di pimpin oleh Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH bertempat di lapangan apel Wira Manunggal Wicaksana Mapolres Sampang, minggu (01/10/2023) pagi.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila juga dihadiri Wakapolres Sampang Kompol Jalaludin SH, Para PJU, perwakilan Kapolsek jajaran Polres Sampang, para Perwira, Bintara dan ASN Polri Pada Polres Sampang.

Adapun tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 yaitu, “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH yang di wakili Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto SH., usai pelaksanaan upacara mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila. i

"Diharapkan menjadi pengingat perjalanan sejarah bagaimana bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara (Pancasila), sehingga harus di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,"jelasnya Kasi Humas Polres Sampang.

IPDA Sujianto SH menambahkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk memperkuat kesetiaan sebagai warga negara agar selalu cinta terhadap Pancasila. Pancasila sebagai asas negara Indonesia karena Pancasila merupakan ideologi negara yang harus selalu dijunjung tinggi dan “Negara Kesatuan Republik Indonesia berasaskan Pancasila dan tak tergantikan.

Lebih lanjut Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto menyampaikan bahwa pada hari ini kita mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 1 Oktober, ketika bangsa Indonesia bersatu dalam semangat untuk menjaga persatuan dan keadilan. 

"Gerakan 30 September adalah sebuah ujian berat bagi Indonesia, dan Pancasila menjadi landasan yang kokoh yang membantu kita keluar dari masa-masa sulit tersebut. Kita menyaksikan betapa tekad yang kuat dan semangat nasionalisme mengatasi segala rintangan,"tuturnya.

Lanjuta kata IPDA Sujianto, Pancasila dengan lima silanya, adalah panduan kita dalam membangun masyarakat yang adil dan beradab. Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama. Sila Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mengajarkan kita untuk saling menghormati dan membantu sesama manusia. Sila Ketiga, Persatuan Indonesia, mengingatkan kita untuk selalu bersatu dalam keberagaman kita. Sila Keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mengajarkan kita nilai-nilai demokrasi dan keadilan. Sila Kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, mengingatkan kita akan tanggung jawab untuk mengurangi kesenjangan sosial.

"Dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman, kita harus memahami bahwa Pancasila adalah pondasi yang tidak boleh kita langgar. Persatuan dan keadilan harus terus kita pertahankan sebagai warisan berharga bagi generasi masa depan. Pancasila adalah kompas kita dalam menghadapi berbagai permasalahan, baik dalam negeri maupun internasional,"ungkapnya.

Untuk itu IPDA Sujianto mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga Pancasila dengan baik, dalam setiap tindakan kita sebagai warga negara Indonesia. 

"Mari kita terus memupuk semangat persatuan dan toleransi, menghormati keberagaman, dan bekerja sama demi kemajuan bangsa ini,"pungkasnya.


(Red).

×
Berita Terbaru Update