Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kata Pemohon SIM C di Satpas Colombo Surabaya, Ujian Praktik Tanpa Angka 8 Lebih Mudah

| September 14, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-09-15T06:09:51Z



Liputanphatas.com || Surabaya - Sebagai gantinya Lintasan 8 dan zig - zag adalah lintasan yang berbentuk model huruf S. Apakah lintasan ujian praktik yang baru ini lebih mudah atau justru lebih sulit bagi pemohon SIM?

Peniadaan lintasan 8 dan zig-zag dalam ujian SIM ini rupanya disambut positif warga yang tengah mengajukan permohonan SIM di Satpas Colombo. Salah satunya, Slamet. Ia mengaku kaget tapi senang dengan perubahan itu karena lebih realistis dan tetap edukatif.

"Kaget, hari ini ujian praktiknya beda, tapi lebih mudah dan diberikan instruksi juga pelatihan di awal sebelum uji praktik," ujar Muhammad Lukaman Hakim warga asal Sidosermo Surabaya, usai mengikuti ujian praktik di Satpas Colombo, Jumat (15/9/2023).

Pemohon SIM lain, yaitu Mourits Agus Polinaya, asal warga Karangpoh Surabaya, mengatakan ia bisa menjalani ujian praktik SIM C tanpa masalah karena lintasannya yang menurutnya tidak terlalu sulit. Padahal ia baru pertama kali ini menjalani ujian praktik SIM C.

"Senang bisa lulus ujian praktik SIM C. Pertama kali sudah bisa lulus. Terima kasih pak Kapolri sudah mempermudah ujian SIM yang lebih mudah dan realistis," kata Mourits sambil ucap shukur karena senang telah lulus ujian praktik SIM.

Kanit Lantas Reqident AKP Sigit Ekan Sahudi, SH, mengatakan selain lintasan yang relatif lebih mudah, bagi yang belum lulus ujian praktik SIM terdapat layanan undangan coaching clinic. Bagi pemohon SIM yang gagal praktik akan mendapat WhatsApp (WA) blasting dari Satlantas Polrestabes Surabaya untuk mengikuti coaching clinic yang ada di lokasi SIM Cak Bhabin.

"Tidak ada lagi yang menjadi momok masyarakat yakni angka 8, dan zig-zag. Tapi (lintasan baru) tidak menghilangkan proses keterampilan pengendara," kata AKP Sigit.

Lanjut kata Sigit, apabila pemohon ingin belajar ujian teori terdapat QR code e-Book e-Avis dari Korlantas Polri yang disediakan di meja formulir.

"Kemudian ruang tunggu dan di beberapa spot yang mudah terlihat. E book ini diberikan secara gratis dan selalu disosialisasikan oleh petugas,"tegasnya.

AKP Sigit menyampaikan, menyampaikan peniadaan ini sesuai instruksi dari Kapolri. Pihaknya kini juga membuat terobosan inivasi SIM Cak Babin.

"Kami dekatkan antara kepentingan masyarakat dan regulasi yang ada melalui inovasi SIM Cak Babin sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai instruksi Kapolri,"pungkasnya.

(Red).
×
Berita Terbaru Update