Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bangkitnya Kembali Ketunggeng Merah di Kampung Kedurus Surabaya

| Juli 19, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-07-19T21:26:51Z



Liputanphatas.com ll Surabaya - URI URI BUDAYA Warga Kedurus Gang 3 Kel.Kedurus, Kec.Karang Pilang, Kota Surabaya, bakal menghidupkan kembali kesenian pencak silat "KETUNGGENG MERAH" yang menjadi ciri khas dan kebanggaan Kampung Pendekar Kedurus.

Hal tersebut telah dibicarakan saat rapat bersama di Basecamp Kedurus, dan hadir diantaranya Tatung selaku Tokoh Pemuda, Karyo selaku Ketua RT (Rukun Tetangga), Dowan selaku Generasi Penerus Cucu dari Pendekar, Tomas (Tokoh Masyarakat) Anang, dan warga Kedurus, pada hari Selasa 18/07/2023.

Persiapan menghidupkan dan melestarikan kesenian pencak silat KETUNGGENG MERAH ini akan ditampilkan bersamaan Acara Sedekah Bumi atau Ruwatan Desa KEDURUS yang diselenggarakan di Area Punden Buyut Canthing, Jalan Kedurus Gang 3 Surabaya, selama 2 (dua) hari, yaitu hari Jumat - Sabtu (21-22 Juli 2023).

Dowan berharap, akan menjadikan ikon kampung Kedurus sebagai KAMPUNG PENDEKAR untuk menghidupkan kearifan lokal Budaya Kesenian Tradisional masyarakat KEDURUS.

"Karena pada jaman dulu, kampung (Kedurus) ini banyak para pendekar, sehingga kita sebagai penerus jangan sampai melupakan sejarah Kampung Pendekar di wilayah Kedurus ini," pungkasnya. (Achmad)

Editor : Erik
×
Berita Terbaru Update