Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Pladu, Kapolres Kediri Kota Imbau Warga Sekitar Sungai Brantas Waspada

| Maret 04, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-03-04T10:12:49Z



Liputanphatas.com || Kediri Kota - AKBP Teddy Candra, SIK, M.Si., Kapolres Kediri Kota melakukan imbauan waspada kepada masyarakat untuk tradisi tahunan pladu ikan Sungai Brantas. Kapolres datang langsung ke perahu penyeberangan di wilayah Semen Kabupaten Kediri, Sabtu (4/3/2023).

Pladu ikan atau mencari ikan mabuk biasa dilakukan warga sekitar Sungai Brantas setiap tahun, akibat penggelontoran air atau flushing yang dilakukan di Waduk Wlingi dan Lodoyo di Blitar.

Dampak flushing di aliran Sungai Brantas tersebut melintasi 3 kota itu, yaitu Blitar, Tulungagung, dan Kediri. Tahun 2023 ini, kegiatan flushing Waduk Wlingi dan Lodoyo di Blitar dilakukan selama tujuh hari per tanggal 5 – 11 Maret.

Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada. Jangan sampai nanti tradisi yang memang sudah menjadi agenda tahunan di pinggiran Sungai Brantas ini menjadi kegiatan yang membahayakan,”sebut saja AKBP Teddy Chandra, S.l.K., M.Si.

Usai memberikan imbauan kepada sejumlah warga sekitar Sungai Brantas di Desa Bulusan Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Lanjut kata AKBP Teddy penggelontoran air atau flushing yang dilakukan di Waduk Wlingi dan Lodoyo di Blitar, dapat mengakibatkan penambahan volume debit air sungai.

"Maka dengan penambahan volume tersebut tentunya, bakal menambah derasnya arus Sungai Brantas yang harus diwaspadai,"tuturnya.

Teddy menambahkan, selain deras dan bertambahnya volume akibat flushing ini, lanjut Teddy, aliran Sungai Brantas juga membawa kotoran dan lumpur.

Sehingga nanti berdampak volume membesar dan pastinya dampak arus sungai makin deras dan bahaya. Jangan sampai ada masyarakat yang tergelincir karena saking asyiknya pencarian ikan,”ungkapnya.

Mantan Kasubdit Kasmsel Ditlantas Polda Jatim juga mengungkapkan selama kegiatan flushing berlangsung sejak tujuh hari berlangsung, bakal menyiapkan personil untuk senantiasa memberikan imbauan.

Pada saat kegiatan flushing, kami dari Polres Kediri Kota, kemudian juga dari unsur pemerintahan, TNI, akan menempatkan personel di sini (kawasan Sungai Brantas) untuk selalu memberikan himbauan dan menjaga kondisi agar tetap aman,” pungkasnya. (A/F).


Editor: Bairi.

×
Berita Terbaru Update