Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Panti KH Achmad Dahlan, Nyai Walidah, dan LKSA Rumah Pintar Matahari Ikuti Raker MPS PDM Kota Surabaya

| Desember 18, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-12-18T21:49:19Z


Liputanphatas.com || Surabaya - Guna mempertajam kegiatan yang telah diprogramkan, tiga Amal Usaha Muhammadiyah Sosial (Aumsos) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya turut serta pada Rapat Kerja (Raker) yang digelar oleh Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya di Yogyakarta yang digelar pada hari Sabtu dan Minggu, (17-18/12/2022).

Acara itu mengusung tema "Percepatan Organisasi Untuk Kemajuan LKSA Muhammadiyah Surabaya"

Tiga Aumsos MPS PCM Krembangan Surabaya yang dimaksud adalah Panti Asuhan Muhammadiyah Achmad Dahlan, Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rumah Pintar Matahari.


Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah Achmad Dahlan, Slamet Supriyadi menjelaskan, untuk meningkatkan pola asuh anak, beberapa program telah dibuat. 

"Diantaranya silaturahmi keluarga besar pengelola, mengoptimalkan kaleng sedekah shubuh, dahlan store dan praktek usaha santri, sosialisasi NIB, E-peken, Qris, dan lain-lain," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Panti Nyai Walidah Fitria Leliana mengungkapkan beberapa program unggulan di antaranya pemberdayaan santri dalam kegiatan Keputrian. 

"Seperti menjahit, memasak dan tata rias serta perawatan kecantikan, serta pemberdayaan santri yang kuliah untuk bisa membantu kegiatan panti dalam rangka pengkaderan," katanya.

Adapun Kepala Rumah Pintar Matahari Luki Darmawan menceritakan, RPM mempunyai anak-anak binaan sekitar 65 santri di selter Kemayoran serta 55 santri di selter Kampung 1001 malam yang dibina relawan RPM kerja bareng PCM dan PCA Krembangan Surabaya, baik hafalan surat-surat pendek juz 30, tata cara wudhu, sholat, juga pelajaran umum.


"Alhamdulillah, RPM mendapatkan dukungan dari beberapa pihak untuk setiap kegiatannya selain bersinergi dengan komunitas lain, juga dibantu oleh salah satu dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya yaitu ibu Tiara Anindya Virana yang sudah beberapa bulan ini membantu selter Kemayoran Surabaya baik pembinaan agama maupun membantu pelajaran sekolah para santri", paparnya.

Lanjut Luki, Rumah Pintar Matahari juga mendapatkan pinjaman rumah singgah (rusing) dari salah satu donatur di jalan Krembangan Baru IV no. 9-11 Surabaya yang rencananya akan menyelenggarakan kursus jahit kepada anak binaan.

Mudah-mudahan dengan keikutsertaan tiga Aumsos PCM Krembangan pada raker MPS PDM kota Surabaya di Yogyakarta menambah semangat baru para pengurus dalam mengelola panti atau LKSA masing-masing.(dw)


×
Berita Terbaru Update