Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pamekasan Pada Juni 2022 Sebanyak 697180, Pemutakhirkan Daftar Pemilih

| Juni 27, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-06-27T18:03:28Z


Liputanphatas.com || Pamekasan - Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih berkelanjutan triwulan ke II di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, terhitung dari Bulan April, Mei dan Juni, dilaksanakan di Kantor KPU Pamekasan, Madura Jawa Timur, Senin (27/06/2022).

Sementara itu Mohammad Halili Ketua KPU Pamekasan Moh  Halili menyampaikan, rapat kordinasi ini dilaksanakan  dalam rangka memperbaiki data pemilih kita yang dilakukan secara berkelanjutan.

"Di setiap Pemilu, data pemilih selalu menjadi polemik, hal itu lantaran data yang telah meninggal masih terdaftar di DPT (Daftar pemilih tetap), dan untuk pemilih pemula yang belum terdaftar, serta pemilih yang mengalami perubahan data," katanya.

Artinya, menurut Halili sapaan akrabnya menjelaskan, di setiap bulan pasti melakukan ubdating  pemilih data tersebut. baik itu data meninggal, data pemilih baru dan perubahan status.

"KPU sendiri mendata semua pemilih yang memenuhi syarat, yaitu data warga Negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun lebih baik pemilih pemula maupun lansia," ujarnya saat di wawancarai.

Hak memilih dan dipilih, Kata Ketua KPU merupakan hak konstitusi setiap warga Negara Indonesia. 

Terkait Partai yang sudah mendaftar ke Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 75 Partai politik. Bahkan yang sudah mendapat Akun di Sipol masih ada 16 partai politik. 

"Itu bisa di mungkinkan  akan mengalami perubahan dan pendaftaran partai politik langsung ke KPU RI," tambahnya.

Sedangkan untuk data pemilih, progresnya banyak perubahan terutama pada data meninggal.

Diketahui, Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di periode Juni 2022 sebanyak, 697180 dengan rincian, Laki laki sebanyak 335.924 ,perempuan, 361.256, pemilih baru 32, pemilih TMS 6382, pungkasnya. (ATK).
×
Berita Terbaru Update